Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Dhammasoka Banjarmasin
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester :
4/ Ganjil
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 1 pert. / 4 JP
Kompetensi Inti :
1.
menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2. menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, bertanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air
3. memahami pengetahuan
faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan
bendabenda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4. menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi
dasar :
1.1Menerima
sejarah masa berumah tangga dan Pelepasan Agung Pangeran Siddharta.
2.1 Menunjukkan perilaku
percaya diri setelah mengenal masa berumah tangga dan Pelepasan Agung Pangeran
Siddharta.
3.1Memahami
masa berumah tangga dan Pelepasan Agung Pangeran Siddharta
4.1Menceritakan
kembali masa berumah tangga dan Pelepasan Agung Pangeran Siddharta
Tujuan
Pembelajaran :
Peserta didik dapat:
1. Bersyukur atas kesempatan
dapat belajar tentang kisah Pangeran Siddharta dalam lomba keterampilan yang
diwujudkan dalam semangat belajar, berdoa dan melakukan meditasi/duduk hening
sebelum dan sesudah belajar
2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri ketika
berinteraksi dengan guru, teman, dan orang tua dalam mempelajari tentang kisah
Pangeran Siddharta dalam lomba keterampilan.
3. Mendeskripsikan isi
gambar yang berkaitan dengan kisah Pangeran Siddharta dalam lomba keterampilan
dengan bahasa yang jelas, logis, dan sistematis
4. Mengidentifikasi kisah
Pangeran Siddharta dalam lomba keterampilan dengan bahasa yang jelas, logis,
dan sistematis
5. Menjelaskan kisah
Pangeran Siddharta dalam lomba keterampilan dengan bahasa yang jelas, logis,
dan sistematis
6. Menunjukkan perilaku
terampil dalam hal mengamati, menanya, mencari informasi, menalar, dan
berkomunikasi saat belajar tentang kisah Pangeran Siddharta dalam lomba
keterampilan
7. Menjelaskan cara-cara
pemecahan masalah tentang sesuatu kasus yang berhubungan dengan topik
pembelajaran.
8. Menyanyikan lagu yang
terkait dengan tema pembelajaran dengan riang dan berani.
9. Berinteraksi dengan orang
tua di rumah untuk belajar menyanyikan lagu yang telah dipelajari di sekolah
Materi
dan Bahan Kajian
:
1.
Kisah
Pangeran Siddharta dalam lomba keterampilan
2.
Studi
Kasus
3.
Latihan
Soal
4.
Lagu
Sang Buddha Sayang Padaku
Metode
Pembelajaran :
Pendekatan Saintifik
1.
Mengamati
2.
Menanya
3. Mencoba
4. Menalar
5. Mengkomunikasikan
Kegiatan
Pembelajaran :
1.
Pendahuluan (30 menit)
A.
Guru
membuka pembelajaran dengan mengucap salam.
B.
Guru
dan peserta didik berdoa dilanjutkan dengan duduk hening bersama dipimpin oleh
seorang peserta didik.
C.
Guru
memotivasi peserta didik untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
dengan cara menyampaikan tujuan pembelajaran.
D.
Guru
mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, apakah peserta
didik masih ingat riwayat hidup Buddha pada kelas III tentang semangat belajar
Pangeran Siddharta pada masa bersekolah.
E.
Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu peristiwa Pangeran Siddharta
mengikuti lomba keterampilan dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari, yaitu meneladan keterampilan Pangeran Siddharta dalam mengikuti
perlombaan
F.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu
Kisah Pangeran Siddharta dalam Lomba Keterampilan.
G.
Guru
menyampaikan lingkup penilaian, yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan
dengan teknik penilaian pengamatan, tertulis dan unjuk kerja.
2.
Kegiatan inti (90 menit)
Awali pembelajaran dengan
mengajak peserta didik untuk bernyanyi lagu “Sang Buddha Sayang Padaku” halaman
7. Setelah peserta didik siap lakukan pembelajaran pemecahan masalah
menggunakan materi pada halaman 5 buku siswa. Lanjutkan pembelajaran inti
dengan pendekatan saintifik sebagai berikut.
a.
Mengamati:
-
Peserta
didik mengamati gambar 1.1, 1.2, 1.3, 1.4, dan 1.5 pada buku siswa tentang
Kisah Pangeran Siddharta dalam Lomba Keterampilan.
-
Peserta
didik membaca buku siswa atau sumber lain tentang Lomba Keterampilan untuk
mengidentifikasi masalah yang ingin diketahui.
-
Peserta
didik mencatat hal-hal penting, dan hal-hal yang yang belum dimengerti dari
hasil mengamati.
b.
Menanya:
-
Guru
membimbing peserta didik untuk merumuskan dan mengajukan pertanyaan faktual
tentang Lomba Keterampilan yang telah diamatinya dalam materi pembelajaran.
Guru dapat memotivasi dengan menggunakan kata tanya “apa, siapa, kapan, di
mana, sebutkan, dan lain-lain”. Contoh pertanyaan: a) Apa yang terjadi pada
peristiwa seperti gambar 1.1 dan 1.2? b) Siapa yang menjadi tokoh cerita pada
peristiwa seperti Gambar 1.1? c) Kapan terjadinya peristiwa seperti pada gambar
1.1 dan 1.2? d) Di mana peristiwa seperti pada gambar 1.1 dan 1.2 terjadi?
-
Guru
memotivasi peserta didik merumuskan beberapa pertanyaan konseptual tentang
Lomba Keterampilan. Misalnya, merumuskan pertanyaan dengan menggunakan kata
“jelaskan, uraikan, bedakan, tunjukkan, dan lain-lain”. Contoh pertanyaan: a)
Uraikan peristiwa yang terjadi seperti pada gambar 1.1 dan 1.2. b) Jelaskan
keistimewaan yang terjadi pada saat lomba memanah
-
Guru
mengondisikan untuk mendorong peserta didik agar merumuskan
pertanyaan-pertanyaan prosedural tentang “Lomba Keterampilan.” Misalnya,
merumuskan pertanyaan dengan kata “bagaimana, mengapa, urutkan, dan
sebagainya”. Contoh: a) Mengapa Pangeran Siddharta mampu menaklukkan kuda liar
dengan mudah? b) Bagaimana cara Pangeran Siddharta memenangkan perlombaan
permainan pedang?
c.
Mengumpulkan
data dan informasi:
-
Peserta
didik mencari informasi selengkap mungkin melalui mengamati dan membaca
buku/artikel dari berbagai sumber untuk mendapatkan data lanjutan terkait
dengan “Lomba Keterampilan” untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
-
Peserta
didik mencari data dan informasi dengan membuat catatan penting tentang Lomba
Keterampilan.
d.
Menganalisis
data dan informasi:
-
Peserta
didik mengolah informasi dan mencermati data dari mengamati gambar 1.1, 1.2,
1.3, 1.4, dan 1.5 serta sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya
untuk mendapatkan kesimpulan tentang “Lomba Keterampilan” untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang telah dicatat sebelumnya.
-
Peserta
didik mendiskusikan jawaban yang dikumpulkan dari peserta didik lain tentang
“Lomba Keterampilan”.
-
Peserta
didik merumuskan beberapa kesimpulan sebagai hasil dari analisis data dan
informasi yang telah dikumpulkan.
e.
Mengomunikasikan:
-
Peserta
didik mengomunikasikan hasil jawaban mereka dengan cara mempresentasikan atau
menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lainnya tentang “Lomba
Keterampilan” di depan kelas atau kelompok lain untuk mendapatkan tanggapan.
-
Peserta
didik menyampaikan hasil analisis dalam bentuk lisan maupun tulisan dari hasil
presentasi kepada guru dan peserta didik yang lain.
-
Peserta
didik bersama guru melakukan verivikasi hasil presentasi tentang “Lomba
Keterampilan”.
-
Peserta
didik bersama guru melakukan konfirmasi hasil presentasi tentang “Lomba
Keterampilan”.
-
Peserta
didik bersama-sama guru menyepakati kesimpulan terkait dengan berbagai
permasalahan yang dikaji.
3.
Penutup (20 menit)
a.
Guru
bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi
untuk mengevaluasi pembelajaran.
b.
Guru
bersama peserta didik menyimpulkan poin-poin hasil pembelajaran.
c.
Guru
bersama peserta didik memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran.
d.
Guru
bersama siswa melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas,
baik tugas individual maupun kelompok; Dalam pembelajaran ini, guru memberikan
tugas “Kerjasama dengan orang tua untuk belajar menyanyikan lagu “Sang Buddha
Sayang Padaku” buku siswa halaman 7.
e.
Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya dan
f.
Guru
bersama peserta didik melakukan doa penutup buku siswa halaman 7.
Penilaian
1.
Pengamatan
sikap spiritual dan sosial.
Rubrik
penilaian sikap
Nama
siswa :……………………
Kelas : ………..
2.
Tes
tertulis Soal-soal pada kegiatan Ayo Berlatih halaman 6 buku siswa.
3.
Penugasan
(unjuk kerja) Menyanyikan lagu “Sang Buddha Sayang Padaku”
Remedial
Mengerjakan
kembali soal ayo berlatih halaman 6 buku siswa di rumah
Pengayaan
1.
Pemecahan
masalah “Cerdas Cermat” buku siswa halaman 6;
2.
Lagu
“Sang Buddha Sayang Padaku” buku siswa halaman 7.
Alat,
bahan dan Sumber Bahan
1. Spidol,
papan tulis, alat peraga, proyektor
2. Bacaan,
video pendek
3. Internet,
buku siswa
Mengetahui
Rujiman Sukendro, S.Pd., S.Ag. NIP.
197008041992 11 1001 |
Banjarmasin, …. Juli 2018
Kemanya
Suryawan, S.Pd.B |
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar